Artikel

25 Jurnalis Cilik Inka Sidoarjo Ini Liputan Langsung di Kebun Bibit Surabaya

27 Januari 2018, pukul 03:19:17 WIB, Oleh: admin

Reportase Rizka Amalia
Pegiat literasi/pengajar di SDIT insan Kamil Sidoarjo

 

DEMI memenuhi rasa ingin tahunya terhadap dunia jurnalistik, 25 siswa SDIT Insan Kamil (Inka) Sioarjo melakukan liputan langsung di luar sekolah. Didampingi dua guru pengajar ekstrakurikuler jurnalistik, mereka berbagi tugas liputan di area Taman Flora kebun bibit Surabaya, Surabaya, Rabu (24/1/2018).

 

Menurut Zyan Ramadhani, siswa kelas 5 SD, kegiatan tersebut adalah kali keduanya dia melakukan liputan jurnalistik di luar lingkungan sekolahnya.

Sebelumnya, setahun yang lalu, dia bersama dengan teman-teman jurnalistiknya melakukan kunjungan ke Kantor Redaksi Harian Surya yang berada di Kawasan Rungkut Industri Surabaya. Hasilnya, siswa yang tergabung dalam ekstrakurikuler tersebut dapat menulis berita dengan jurus 5W+1H.

Kini pengalaman tersebut lebih menarik karena dalam kegiatan yang dikemas dengan liputan nn the spot tersebut tak hanya melakukan kunjungan ke salah satu media.

Namun, para siswa juga ditugasi menjadi reporter atau wartawan cilik. Dipandu pula oleh Tri Hatma, Redaktur Surya, para siswa laiknya para pemburu berita pada umumnya.

Peserta lainnya, Taqwima Nur Dzulhijjah, siswa kelas 4 SD, menuturkan, dia merasa grogi ketika meminta izin untuk wawancara orang lain yang dipilihnya.

Tak hanya itu. Bahkan dia juga merasakan menjadi narasumber saat salah satu pengunjung di Taman Flora yang berasal dari Amerika Serikat menanyai dirinya.

“Kegiatannya asyik tapi aku grogi pas ada bule tanya ke aku,” tutur Ima, sapaan akrabnya.

Berbeda lagi dengan Nahda Zhafira dan rekannya Nayfa. Mereka berdua merasa tertantang ketika akan mewawancarai narasumber.

Keduanya sempat bingung dan harus melengkapi data yang mereka peroleh. Data-data tersebut mereka dapatkan dari para pengunjung dan petugas yang dijumpai di sana.

Kata Nahda, “Ustadzah, kita tadi sempat bingung mau wawancara siapa? Akhirnya, tanya salah satu petugas.”

 

Hal tersebut merupakan pengalaman yang berkesan dan lucu sebab ketika mereka bertanya tentang nama panjangnnya, justru ditanggapi dengan lucu oleh narasumbernya.

Namun, meski demikian keduanya pun berhasil mendapatkan informasi. Sungguh pengalaman yang tak terlupakan bagi para siswa ekstrakurikuler jurnalistik di tahun ini.

Mereka benar-benar belajar bagaimana membuat berita. Mulai dari memilih orang yang akan diwawancarai hingga menyusun informasi tersebut menjadi sebuah berita.

Dari kegiatan tersebut diharapkan siswa dapat melakukan praktik jurnalistik berikutnya dengan baik dan dapat mengambil pelajaran dari aktivitas tersebut.

http://surabaya.tribunnews.com/2018/01/26/25-jurnalis-cilik-inka-sidoarjo-ini-liputan-langsung-di-kebun-bibit-surabaya?page=2



© 2016 LPIT Insan Kamil Sidoarjo Alamat: Jl. Pecantingan RT 12/ RW 4 Sekardangan Sidoarjo, Kode Pos: 61215

Telp LPIT : (031) 8956418 Telp KB/RA IT : (031) 8956434 Telp SDIT : (031) 8056949 Telp SMPIT : (031) 8076237 Fax : (031) 8956418