Kegiatan

KMNR (salah satu) sarana raih CITA

17 Maret 2014, pukul 07:04:09 WIB, Oleh: admin

Hari itu suasana pembelajaran di SDIT IK berjalan seperti biasa. Rutinitas ikrar sebelum masuk kelas, murajaah dan taujih pagi sebagai pembekalan siswa dalam mengawali pembelajaran tidak menunjukkan adanya sebuah perhelatan pencarian bakat seperti di “dunia luar”.

Namun ketika jam pertama dimulai, nampak seorang guru yang mengenakan setelan baju batik dan berperawakan dempal jalan bergegas memastikan semua ruang kelas terisi oleh ustadz yang bertugas. Maklum, ustadz yang sering disapa ustad Taufiq ini ternyata sebagai ketua pelaksanaan seleksi kompetisi MNR yang diadakan serempak dari semua kelas satu sampai kelas lima. “Acara semacam ini sebenarnya tidak yang kali pertama diadakan, namun lebih dari itu”, lanjut ustadz yang kini mendapat amanah menjadi wali kelas 6. Adapun selain pencarian ‘bibit unggul’, acara ini juga dimaksudkan guna menanamkan jiwa kompetisi dan militansi yang menjadi salah satu quality assurance selain dari pada itu juga diharapkan peserta didik senantiasa menjunjung tinggi kejujuran dalam mengerjakan ujian baik UH, UTS maupun UAS. Tidak seperti tahun lalu, seleksi kali ini juga diikuti oleh kelas satu dan dua. Hal ini diharapkan sejak dini anak termotivasi untuk berkompetisi apalagi dengan adanya beberapa kakak kelasnya yang sudah berhasil menjadi juara international beberapa waktu yang lalu. Bahkan sebagian besar anak kelas satu mengatakan, mereka ingin pergi ke Hongkong seperti kakak kelasnya  (Andika Naufal Hilmy- red). Pelaksanaan seleksi KMNR ini terselenggara atas kerjasama SDIT Insan Kamil dengan koordinator KPM wilayah jawa timur yang diketuai oleh Drs. Moh. Arodhi. Kemudian peserta yang masuk nominasi nilai terbaik dan  sebelum dipilih menjadi perwakilan Indonesia ke kanca International akan mendapatkan “karantina” dari tim KPM guna persiapan mengikuti beberapa seleksi berikutnya. “Sebuah kesempatan yang tentunya sayang untuk dilewatkan bagi anak didik untuk mengasah kemampuannya, maka dari itu selain memaksimalkan pembelajaran di sekolah kami juga menyediakan dan mencarikan kesempatan-kesempatan untuk dicoba oleh para anak didik kami”, ujar salah seorang  ustadz yang tidak mau disebutkan namanya. Sebuah harapan juga disampaikan oleh Kepala Sekolah SDIT Insan Kamil (Moh. Choirul Annam),  agar para ustadz/ah juga tidak ketinggalan mengasah skillnya. Termasuk akhir-akhir ini juga diadakan KMD sebagai salah satu wahana meningkatkan kompetensi pada ustadz/ah khususnya dalam dunia kepramukaan. (k4rj1)


© 2016 LPIT Insan Kamil Sidoarjo Alamat: Jl. Pecantingan RT 12/ RW 4 Sekardangan Sidoarjo, Kode Pos: 61215

Telp LPIT : (031) 8956418 Telp KB/RA IT : (031) 8956434 Telp SDIT : (031) 8056949 Telp SMPIT : (031) 8076237 Fax : (031) 8956418