Berita

ADA CINTA DI LDKG YPIT INSAN KAMIL SIDOARJO BAKTI ALAM, PASURUAN, 8-9 SEPTEMBER 2018

16 September 2018, pukul 01:12:15 WIB, Oleh: admin

Oleh

Dian Siswayani

(Guru SDIT Insan Kamil Sidoarjo)

 

Ada cinta yang kurasakan

Saat bersama  dalam LDKG

Ada cinta yang kau getarkan

Saat ku lemah  dalam harap

Oo indahnya...

Pernah kuragu akan sikapmu

Tapi mengapa kini semuanya indah

Oo indahnya...

Pernah ku malu pada hatiku

Tapi mengapa kini seolah cinta tlah kugenggam

Alloh... ku inginkan semoga semua ini

Bukan hanya rasa, rasaku saja

Rasaku sendiri...

Alhamdulillah  tahun ini YPIT Insan Kamil mengadakan kembali  pelatihan sebagai upaya  upgrading bagi guru-guru yang bernaung dibawah yayasan YPIT Insan Kamil.  Tahun ini LDKG dilaksanakan selama 2 hari yaitu hari sabtu sampai ahad, 8-9 September 2018 bertempat di Bakti Alam Pasuruan. Tema LDKG tahun ini adalah Guru Pejuang, Tangguh dan Solid. LDKG  kali ini bertaburan cinta didalamnya, Cinta – cinta bagaimanakah gerangan yang dimaksud....

  Tidak  ada seorangpun bisa menjelaskan tentang cinta tanpa mengalaminya. Itu pun bila setiap orang berbicara, akan ada ribuan penjelasan tentang apakah itu cinta. Jadi, pada kesempatan ini, saya ingin menjelaskan tentang taburan cinta di LDKG YPIT Insan Kamil tahun 2018  di Bakti Alam Pasuruan.

 Cinta itu ada pada hati dan pikiran seseorang karena anugerah Sang Pencipta cinta itu sendiri.  Cinta ada agar manusia selalu memiliki “keinginan”. Dengan keinginan inilah manusia menjadi hidup dan memiliki kegiatan yang beraneka-ragam yang positif. Cinta ini dimunculkan YPIT Insan Kamil pada guru-guru yang ada dalam naungan Insan Kamil dengan menetapkan aturan, misalnya wajib mengikuti LDKG seperti sekarang ini.

 Cinta itu ada juga agar manusia dapat melihat keindahan dalam hal-hal kecil yang kadang luput dari perhatian kita. Misalnya, dengan cinta, engkau akan merasakan keindahan melihat para guru yang diantar keluarga masing-masing ke sekolah saat pagi hari menjelang keberangkatan ke tempat LDKG. Engkau akan kagum saat melihat anak-anak kecil melepas bundanya untuk LDKG. Engkau akan terharu menyaksikan  pemandangan pelepasan para pejuang tangguh ini oleh keluarganya ke medan pelatihan.

 Cinta bisa menular loh.... dari hatiturun  ke sandal, engkau akan takjub melihat sndal-sandal yang ikut berbaris rapi seperti barisan guru di PBB , di depan kamar mandi-kamar mandi yang hanya sedikit jumlahnya dibandingkan jumlah peserta LDKG. Alhamdulillah ada teman-teman sang katak yang menemani di keheningan dalam kamar mandi, sehingga kita senantiasa waspada dalam keadaan apapun. Hehehe...

Cinta itu juga ada  pada saat engkau mau makan makanan yang  lezat dalam keadaan lapar, lalu engkau tiba-tiba teringat dan menunggu sesama peserta pelatihan selesai mengambil makanan semuanya, baru makan . Hal ini dilakukan  karena engkau memiliki perasaan cinta kepada teman seperjuangan. Jadi cinta itu membuatmu dapat berbahagia hanya dengan melakukan hal-hal kecil yang sederhana.

 Cinta itu juga muncul karena rasa peduli, peduli ketika ada teman satu regu atau satu kamarmu yang malam hari mengalami kesulitan dalam istirahat karena sedang kurang fit, dengan rela kau membantu memijatnya meski badanmu sendiri lelah seharian beraktifitas dan hari sudah menjelang dini hari, hatimu bahagia ketikamelihat teman seperjuanganmu tertidur pulas dan terbebas dari sakitnya.

 Cinta ada agar manusia tidak hanya menyukai hal-hal yang menyenangkan hatinya saja. Namun, juga agar  ia mampu menyukai hal-hal yang dibencinya. Misalnya engkau kecewa dan sedih karena Pelatih PBB  sering memarahimu atau terkesan  sangat galak dan disiplin pada kegiatan LDKG, tetapi engkau tetap mampu melakukan hal-hal baik yang diminta

 mereka, itu adalah karena cinta. Cinta sanggup membuatmu melakukan hal-hal yang baik dan memudahkanmu untuk melupakan sakit hati. Iya toh....

 Cinta ada agar manusia dapat melaksanakan tugas-tugasnya yang sulit.  Misalnya, dengan cinta engkau tetap dengan senang hati melaksanakan perintah dari ketua regu dalam game-game bermakna di LDKG kemarin,  badanmu menjadi tameng lemparan peluru air yang di bungkus plastik yang dilemparkan pihak lawan, badanmu menjadi tempatberpijak temanmu yang kebagian tugasmenyalakan obor kehidupan, hingga ta terasa kepalamupun ikut menjadi tumpuan kaki dan tangan yang naik diatasnya. Dengan cinta, engkau akan tetap menyelesaikan tugas yang diberikan kepadamu  walau badanmu sakit terinjak-injak dan kepanasan.

 Dengan cinta, tak ada alasan bagi para pejuang LDKG  untuk enggan bangun pagi, karena cinta akan mendorongmu untuk selalu bersemangat menyongsong pagi hari dan mengawalinya dengan qiyamul lail dan tilawah Al Quran . Karena pagi adalah sebuah kemungkinan terwujudnya harapanmu, sedangkan tahajud dan tilawah menguatkan hatimu agar bisa menghadapi segala rintangan seberat apapun dihari itu.

 Bakti Alam Pasuruan menginspirasi kami untuk melakukan  Tadabur alam,  tadabur alam itu sendiri adalah sebuah  bentuk cinta kita pada Sang Pencipta alam semesta. Irama alam dapat menginspirasi irama kehidupan kita. Pada LDKG ini juga Ketua Yayasan kita, Ustadzah Ana menciptakan sebuah irama dan gerak dan ritme tentang Insan Kamil, Inka Inka Jayalah 4x gerakan dan ritme yang berbeda. Bila engkau melihat videonya, bulu kudukmu bisa berdiri melihat kekuatan yang dimunculkan oleh semua guru-guru pejuang tangguh Insan Kamil itu. Semua karena cinta, cinta pada medan da’wah yang kami pilih yaitu Insan Kamil tercinta.

 Jadi itulah  cinta yang tumbuh di LDKG kemarin, Kami memang bukan SUPERMEN tapi kami adalah SUPERTEAM,  selalu ada dalam setiap langkah kami, menjadikan cinta dan keteladanan menjadi misi kami dalam meningkatkan kualitas di negeri Indonesia tercinta ini.  Semua cinta  itulah yang membuat hidup kita menjadi penuh arti. Karena dengan cinta, semua hal yang tidak mungkin menjadi mungkin.

#2019 LDKG Goes to Bromo

 



© 2016 LPIT Insan Kamil Sidoarjo Alamat: Jl. Pecantingan RT 12/ RW 4 Sekardangan Sidoarjo, Kode Pos: 61215

Telp LPIT : (031) 8956418 Telp KB/RA IT : (031) 8956434 Telp SDIT : (031) 8056949 Telp SMPIT : (031) 8076237 Fax : (031) 8956418