Sambutan Ketua YPIT Insan Kamil

Oleh : Ustadzah Jujuk Rusdianah H, S.Pd

Yayasan Pendidikan Istam Terpadu  (YPIT) Insan Kamil Sidoarjo pada awal sebelumnya namanya adalah Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Insan Kamil Sidoarjo.

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Insan Kamil berdiri untuk memberikan solusi bagi permasalahan pendidikan yang mengalami disorientasi dari tujuan pendidikan yang sebenarnya yaitu membangun manusia seutuhnya (al insanul kamil). Dalam tujuan pendidikan nasional Indonesia sangat jelas disebutkan bahwa pendidikan nasional bertujuan untuk berkembangnya potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlaq mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga Negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Namun dalam implementasinya pendidikan di sekolah hanya menekankan pada aspek intelektual-fisik, sementara pendidikan karakter menjadi terabaikan. Sebagai akibat dari ketimpangan pendidikan tersebut maka muncullah generasi bangsa yang hanya cerdas secara intelektual dan fisik tetapi kurang cerdas secara spiritual dan emosional atau generasi yang mengalami split personality sehingga menimbulkan permasalahan bangsa yang serius.

Ketimpangan dalam penyelenggaraan kurikulum pendidikan bukan hanya terjadi di Indonesia, tetapi juga di hamper seluruh dunia termasuk di Negara yang dianggap maju dalam pendidikan seperti Amerika Serikat. Di Amerika Serikat misalnya, masyarakat sudah tidak percaya kepada institusi pendidikan dalam menanggulangi dekadensi moral peserta didiknya. Oleh karena itu pada tahun 1992, masyarakat Amerika yang terdiri dari para ahli etika, ahli pendidikan, ahli psikologi, pemerintah dan swasta mengadakan deklarasi di Aspen – Colorado yang membahas tentang pentinya pendidikan karakter disamping prestasi akademik sebagai solusi terhadap pendidikan masa depan bangsanya. Selanjutnya baru pada tahun 2002, sistem dan manajemen pendidikan karakter diterapkan di hampir seluruh Negara bagian Amerika serikat.

Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Insan kamil hadir untuk merespon kebutuhan masyarakat dalam mencari alternative pendidikan komprehensif (menyeluruh) yang menggabungkan antara academic achievement (prestasi akademik) dan character education (pendidikan karakter). Formulasi pendidikan komprehensif tersebut dapat digambarkan sebagai berikut.

Membentuk manusia seutuhnya (al insanul kamil) dilakukan melalui proses pembelajaran (edukasi) untuk mengembangkan potensi kecerdasan spiritual, kecerdasan emosional, kecerdasan intelektual dan kecerdasan fisik sebagai satu kesatuan dalam kepribadian. Kepribadian yang mampu bekerja keras, ikhlas, cerdas dan mawas untuk mengabdikan karya-karyanya bagi kemaslahatan dirinya, keluarga dan masyarakatnya.

Kemudian seiring dengan perkembangan zaman, akhirnya pada tahun 2015 Lembaga Pendidikan Islam Terpadu (LPIT) Insan kamil berubah nama menjadi Yayasan Pendidikan Islam Terpadu (YPIT) Insan Kamil Sidoarjo dengan akta Notaris Pendirian Karuniawan Surjanto, SH Tanggal 30 Desember 2015.


© 2016 LPIT Insan Kamil Sidoarjo Alamat: Jl. Pecantingan RT 12/ RW 4 Sekardangan Sidoarjo, Kode Pos: 61215

Telp LPIT : (031) 8956418 Telp KB/RA IT : (031) 8956434 Telp SDIT : (031) 8056949 Telp SMPIT : (031) 8076237 Fax : (031) 8956418