6 Cara Mendidik Anak : DR. Amir Faishol Fath, Lc., MA

Anak yang hebat adalah anak yang merasa senang dekat dengan Allah, senang ke Masjid, senang membaca dan menghafal Al Quran. Ada 6 cara mendidik anak menurut Al Qur’an surat Al Insyirah :

1. Didiklah Anak lapang dada.
Ketika Allah mendidik Nabi Muhammad tentang lapang dada, maka caranya adalah sangat ektrim. setelah dilahirkan sudah ditinggal ayahnya, berturut2 ditinggal ibunya, kakeknya dan pamanya, itu bertujuan agar nabi tidak bergantung kepada makhluq melainkan kepada Allah.

2. ZERO DOSA
Di dalam HP ada semua potensi melakukan dosa maka jauhkanlah anak kepada HP ( setan gepeng ) dan ajarilah untuk menjauhi dosa. Implementasi dalam kehidupan sehari2 diantaranya
– Ajarai anak untuk tidak mengambil barang orang lain karena itu dosa
– Ajari kakak tidak membuat menangis adiknya karena itu dosa
– ajari anak untuk tidak mencontek saat ujian karema itu dosa
Lebih baik anak nilainya jelek tetapi jujur daripada nilai baik tp mencontek.

3.SETTING DIRI MENJADI BAIK
Menjadikan anak dikenal kebaikanya dari pada kebirikanya, semakin dikenal kebaikanya maka akan menemukan kebaikan.
Misal :
– anak menjadi penghafal Al Quran, maka sifulan ini akan dikenal sebagai penghafal Al Qur’an

4. DIDIK ANAK SUPAYA BEKERJA KERAS
Nabi dilahirkan ditanah tandus yang tidak ada tanamanya dinaksudkan supaya terbiasa bekerja keras, bahkan anak dari khalifah Umar Bin Abdul Aziz disuruh bekerja sendiri tanpa diperbolehkan menikmati fasilitas negara.

5. DIDIK ANAK MENJAGA WAKTU
Waktu adalah nikmat yang paling mahal maka kontro waktu anaagar menghargai waktu. Kontrol kapan waktu bermain, kapan waktu belajar, kapan waktu mengaji.

6. DIDIK ANAK SUPAYA IKHLAS
Ajari anak supaya ikhlas dan takut kepada Allah, jangan dibiasakan memberikan imbalan tetapi biasakan bahwa segala sesuatu yang dikerjakan adalah ikhlas untuk Allah

Dan itu semua adalah cara mendidik Allah kepada Nabi Muhammad yang diterangkan dalam Surat Al Insyirah. Semoga bermanfaat.

Lokasi di masjid cordoba insan kamil sidoarjo

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *