SMP IT Insan Kamil Sidoarjo Budidayakan Hidroponik

SMP IT Insan Kamil Sidoarjo melakukan budidaya tanaman dengan teknik hidpronik di sekolah. Kegiatan ini merupakan salah satu program untuk mengedukasi peserta didik, agar mampu memanfaatkan lahan terbatas di lingkungan sekolah, bahkan di lingkungan rumah sekitarnya.

Menurut Pembimbing Budi Daya Hidroponik, Ustadz Imam Syaroni, ide ini muncul diawali dengan hal – hal sederhana, ngobrol bareng siswa waktu istirahat atau pada waktu luang. Mengajarkan pada siswa, hidroponik itu simple, mudah dilakukan dan mampu membentuk karakter siswa.

Di sela – sela kegiatan belajar mengajar, Ust Imam dan beberapa siswa yang tergabung dalam komunitas Kopling (Komunitas Pecinta Lingkungan) SMPIT Insan Kamil selalu menyempatkan waktu luangnya untuk belajar bersama bercocok tanam menggunakan sistem hidroponik, membudidayakan hidroponik.

“Para siwa lebih senang melakukan praktek langsung, diantaranya semai, meracik nutrisi, mengontrol media supaya tidak kering, serta mengontrol keasaman air supaya tanaman tumbuh subur. Kegiatan ini dilakukan dilakukan siswa setiap harinya. Jadi para siswa lebih sering dan senang melakukan praktek dari pada ribet dengan teori,” jelas Imam Syaroni, Sabtu (25/1) lalu. Ustadz Imam menjelaskan, menyemai benih tanaman itu harus sabar, karena harus memasukkan benih yang sangat kecil kedalam lubang yang disediakan. Selain itu, para siswa juga harus mengontrol air setiap hari supaya media tidak kering, Makanya, kegiatan yang dilakukan terhadap siswa ini tidak hanya melatih skill dan pengetahuan saja, tapi siswa harus mengerti betul tentang tehnik hidroponik ini. Karena, mampu membentuk karakter siswa khususnya sabar dan tanggung jawab.

Chesta salas siswa yang ikut terlibat dalam budidaya hidroponik mengatakan, kegiatan bercocok tanam harus telaten dan sabar agar bisa sampai panen. ”Makanya saya dan teman-teman harus menuruti nasehat guru pembingingnya, agar hasilnya bisa lebih bagus,” ungkap Chesta.

Sementara itu, Kepala SMP IT Insan Kamil Sekardangan Sidoarjo, Ustadz Aniqotul Uhbah menambahkan, kegiatan hidroponik ini selalu melahirkan generasi penerus penggiat hidroponik setiap tahunnya.
“Semoga lingkungan sekolah semakin hijau dan mampu membangun karakter siswa menjadi lebih baik. Selian itu, harapan saya anak-anak juga bisa menerapkan budidaya hidroponik ini di rumah masing – masing,” harapnya.

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *