MERDEKA DI JIWA, SEIRING ASA HIJRAH SANG JUARA

Oleh :

Muchlis

“Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras.“

“Perjuangan bangsa indonesia bukan hanya dari masa lalu. Hari ini, hari esok, dan selamanya. Perjuangan kita belum berakhir.“

Alhamdulillah, SDIT Insan Kamil telah menyelesaikan kegiatan Akbar di bulan ini yaitu HUT RI ke-75 dan Muharram. Kegiatan ini dilaksanakan selama 5 hari yaitu tanggal 17 – 21 Agustus 2020 yang diikuti sekitar 750 siswa mulai dari kelas 1 sampai kelas 6. Kesuksesan ini tentunya tidak terlepas dari kerja keras seluruh ustadz dan ustadzah. Begitu banyak waktu dan tenaga yang telah dikorbankan untuk menyiapkan kegiatan ini sehingga siswa bisa bersemangat mengikuti semua kegiatan walaupun dengan virtual. Selain itu yang menjadi kunci penting suksesnya kegiatan ini adalah sikap kooperatif orangtua, semangat siswa, sinyal yang lancar, dan adanya alat komunikasi yang berfungsi dengan baik.

Materi pembelajaran selama HUT RI dan Muharram berbeda dengan pekan sebelumnya. Biasanya materi yang dipelajari siswa terkait dengan mata pelajaran umum seperti PAI, Bahasa Arab, Matematika,Tematik dan sebagainya. Namun selama lima hari ini siswa mendapatkan materi pembelajaran khusus yang berkaitan dengan kemerdekaan dan Muharram. Misalnya lomba, pembuatan flyer, dan mengerjakan game Quizziz terkait HUT RI dan Muharram

[/vc_column_text]

Apa tujuan kegiatan HUT RI dan Muharram?. Tujuan utama kegiatan ini adalah siswa mengetahui tentang sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia dan menyambut tahun baru hijriah. Dengan mengetahui sejarah kemerdekaan bangsa Indonesia dan menyambut tahun baru hijriah siswa diharapkan mampu meningkatkan kualitas dan kuantitasnya dalam belajari badah dan akhlak. Dengan memahami beberapa hikmah dari kisah-kisah pahlawan diharapkan siswa mampu mempraktekkan karakter kebaikan yang dimiliki oleh para pahlawan dalam kehidupan sehari-hari.

Berkaitan dengan kegiatan HUT RI dan Muharram ada kegiatan lomba di jenjang 4,5 dan 6 sebagai berikut:  Lomba Wajib

1. Quizziz Kemerdekaan

2. Quizziz Master Math

Lomba Pilihan

1. Adzan (khusus putra)

2. Membuat komik kemerdekaan

3. Kaligrafi

4. Membuat Video kemerdekaan/Hijriah

5. Menulis esai

6. Pildacil

7. Membaca teks proklamasi

Inilah berbagai kegiatan HUT RI dan Muharram. Ada yang menyenangkan ada juga yang menyedihkan. Senang jika bisa bertatap muka dengan siswa walaupun dengan cara virtual melalui Google Meet atau Zoom. Sedih jika ketika pembelajaran berlangsung tapi tidak ada sinyal internet atau alat tidak berfungsi dengan baik. Semoga kegiatan ini bermanfaat untuk siswa dan guru. Harapan kami setelah kegiatan ini semua siswa akan menjadi lebih shalih, cerdas, kreatif dan mandiri. Terakhir, Semoga kerja keras para guru, orang tua, dan siswa dicatat oleh Allah SWT. sebagai amal jariyah yang akan tetap mengalir selamanya.

Aamiin

[/vc_column][/vc_row]

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *