MUHASABAH DIRI

Oleh :

Sari

Haasibuu Qobla antuhaasabuu….

kalimat ini terasa dalam sekali masuk kehati. Beberapa waktu lalu ketika mendengar salah seorang ustadz yang menyampaikan tausiyahnya tentang kematian. Kalimat yang beliau sampaikan sangat sederhana tapi seperti mengandung kekuatan yang luar biasa sehingga membuat hati ini bergetar. Membuat diri ini mengingat kembali apa saja kesalahan yang telah saya lakukan belakangan ini. Kalimatnya yang sederhana itu mampu menyadarkan diri untuk memperbanyak taubat kepada Alloh ‘Azza wa Jalla. Menghentikan segala kesalahan yang dulu dan menggantinya dengan berbagai kebaikan sehingga Alloh ridho kepada diri ini.

Kebetulan kemarin diperingati tahun baru hijriyah 1442. Momentum ini harus saya jadikan sarana untuk melakukan perubahan yang lebih baik. Umur yang semakin bertambah (sejatinya sisa waktu bersama keluarga semakin berkurang) harus bisa di manfaatkan untuk menjadi lebih dapat bermanfaat bagi keluarga, lingkungan dan Agama.

Mengingat kembali pada masa perjuangan Rasululloh SAW berdakwah,beliau mengajak para sahabat untuk berhijrah, ketika agama islam mendapat pertentangan yang luar biasa dari orang-orang kafir Qurays, namun mendapat sambutan yang istimewa dari orang-orang Ansor. Dengan perjuangan yang luar biasa didalamnya ada ketaatan dan kesabaran kepada Alloh, akhirnya islam dapat dirasakan hingga hari ini.

Kondisi saat ini tidak ada apa-apanya dengan saat itu, mengingat dulu perjuangan Rasululloh dan para sahabat memperjuangkan Islam, dengan segala ketaatan dan kesabarannya menjaga dirinya dari perbuatan yang Alloh tidak Ridhoi. Mereka sangat berhati-hati menjaga perbuatan dan lisan dalam kesehariannya, selalu merasa diawasi oleh Alloh. Berbanding terbalik dengan kondisi diri ini yang masih menggampangkan segala sesuatu.

Dengan semangat tahun baru islam ini, berharap menjadi insan yang lebih baik dan bisa bermanfaat untuk keluarga, orang di sekitar dan agama. Semoga Allah SWT selalu melimpahkan rahmat dan istiqomah kepada kita semua, Aamiin yaa robbal’alamiin.

[/vc_column_text][/vc_column][/vc_row]

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *