Proyek Maket 3D

Literasi Proyek Maket Rumah Sederhana 3 Dimensi

Oleh :

Yuly indri Hapsari, S.pd.

Pelaksanaan Penilaian Tengah Semester (PTS) tahun ajaran 2020 / 2021 telah dilaksanakan pekan terakhir bulan September 2020. Pasca PTS, anak-anak kelas VI diberikan proyek selama sepekan untuk menyelesaiakan Maket Rumah yang pembelajarannya terintegrasi antara IPA (Ilmu Pengetahuan Alam) dan SBdP (Seni Budaya dan Ketrampilan).

Mengapa demikian? Dikarenakan di samping anak-anak mendesain atau merancangnya, mereka juga diminta membuat rangkaian listrik yang akan dipasang di maket rumah tersebut.

Kegiatan yang dilakukan pada proyek tersebut, antara lain:

1. Pemberian gambaran pembuatan proyek maket rumah oleh para wali kelas, berupa perlengkapan yang dibutuhkan, contoh desain denah dan maket rumah baik foto maupun video. Anak-anak pun juga diminta untuk mencari informasi sendiri dengan searching melalui google atau menonton video tutorial yang terdapat di youtube.

2. Membuat perencanaan yaitu dengan menentukan alat, bahan, dan tujuan dari pembuatan proyek maket rumah tersebut.

3. Membuat desain denah maket rumah yang akan dibuat.

4. Praktek membuat desain maket rumah dengan syarat minimal :

a. luas tanah 50 x 70 cm,

b. 2 kamar dan 1 ruang tamu,

c. Bentuk 3 dimensi,

d. Terdapat rangkaian listrik.

5. Pemasangan rangkaian listrik pada maket rumah, bisa dipasang pada bagian bawah (lantai), atas (atap), atau samping (tembok). Disesuaikan dengan kreatifitas masing-masing anak.

6. Bekerjasama dengan orang tua (wali murid) untuk memantau dan membimbing jika putra-putrinya mengalami kendala.

7. Pembimbingan 2-3 kali pertemuan melalui Google Meet dan Whatsapp pribadi.

Perkiraan tim guru jenjang 6 yang awalnya rumit, tetapi tetap saling menguatkan antara yang satu dengan yang lain. Bahwa anak-anak pasti bisa dan memiliki banyak ide kreatif dibanding orang dewasa. Karena di awal, anak-anak memang belum mempunyai gambaran.

Alhasil, proyek maket rumah anak-anak sangat spektakuler, di atas ekspektasi para guru yaitu maket rumah sederhana 3 dimensi. Hasilnya menjadi maket rumah mewah 3 dimensi. Karena mereka membuat dengan penuh kesabaran, ketelatenan, pengorbanan, serta kerja keras.

Dari cerita yang disampaikan anak-anak saat refleksi, ada yang belum membuat pada hari ke-3. Padahal, teman-teman yang lain sudah membuat bagian dalam dan dinding-dinding rumah. Bahkan ada anak yang sudah tinggal memasang rangkaian listriknya. Lain cerita, ada anak yang menunggu ayahnya pulang kerja, dibantu kakaknya cara memasang rangkaian listrik dan ada anak yang sampai terkena cutter saat proses pembuatannya sehingga sampai berdarah-darah.

Proses yang dialami mereka sebagai pembelajaran bermakna yang ke depan bisa menjadikan pribadi yang kreatif, ulet, pantang menyerah, serta inovatif. Keluh kesah dan duka lara yang mereka alami saat mengerjakan proyek maket rumah ini, semoga Alloh gantikan dengan kebaikan-kebaikan yang lain untuk dirinya dan keluarganya.

COMMENTS

  1. Fajar Rahmat H
    October 9, 2020 Reply

    Alhamdulillah kreatifitas dan ide anak-anak mulai nampak kesungguhanya dalam menyelesaikan tugasnya.

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *