Tetap Jujur dan Berprestasi di Masa Pandemi

Tetap Jujur dan Berprestasi di Masa Pandemi

Oleh :

Rizka Amalia,S.S

Pandemi covid 19 telah mengubah seluruh tatanan kehidupan, termasuk sistem dan metode belajar siswa. Siswa di sekolah tidak lagi belajar di kelas, tetapi mereka belajar dari rumah. Guru mereka bukan lagi ustadz dan ustadzah di sekolah, tetapi ditambah dengan para orang tua.

Rumah para siswa telah berubah menjadi ruang-ruang kelas, termasuk yang terjadi saat pelaksanaan Pekan Tengah Semester atau biasa disebut PTS. Mulai dari siswa kelas 1-6 SD mengikuti pelaksanaan PTS. PTS dilakukan selama 1 pekan, yakni mulai tanggal 21-25 September 2020.

Meski di rumah, para siswa tetap bisa berprestasi. Pelaksanaan PTS pun bisa berjalan dengan lancar dan baik. Para ustadz dan ustadzah menanamkan prinsip kejujuran kepada siswa-siswanya. Kejujuranlah yang lebih utama. Berprestasi yes, jujur okeh.

Sebelum siswa melaksanakan PTS, siswa diberikan penguatan tentang pentingnya kejujuran. Salah satu ustadzah, Ustadzah Renyta Ayu C, walas kelas 5-C mengatakan bahwa berprestasi itu bagus, tetapi jujur itu lebih utama. Jadi meskipun melaksanakan PTS dari rumah, tidak berarti semua itu menghambat prestasi. Para siswa tetap bisa belajar jujur dan berprestasi di masa pandemi ini.

“Walau jarak jauh, saya insya Allah bisa berprestasi ketika ujian,” tutur Elvaretta Qonitatuzzahro. Siswa kelas 5-D tersebut berharap virus covid-19 bisa segera lenyap dan pembelajaran bisa kembali seperti sedia kala.

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *