Virtual Workshop Trik Berkisah

Oleh:

Ustadzah Amalah

Pandemi covid-19 bukan halangan untuk menimba ilmu. Sebanyak 82 guru pengajar dan masyarakat umum sedang asik menggali trik berkisah secara virtual melalui aplikasi Zoom, Sabtu (24/10/2020). Mereka mengikuti workshop Virtual Trik Berkisah bersama Kak Adji, pakar dongeng nasional sekaligus Founder Rumah Berkisah Indonesia yang bekerjasama dengan YPIT Insan Kamil Sidoarjo. Peserta berasal dari kota Jakarta, Bogor, Jember, dan sekitar Sidoarjo.

Pria yang akrab disapa Kak Adji ini menjelaskan alasan orang tua dan guru masih enggan berkisah? Ya, karena tidak mampu merangkai kata, tidak ada waktu, sulit menenangkan anak agar duduk siap, dan tidak bisa bersuara berbagai tokoh.

“Berkisah mampu membangun karakter anak, kisah manapun yang kita berikan pada anak, pasti ada yang terkenang dalam memori otaknya hingga besar nanti,” Jelas Kak Adji.

Dalam workshop itu, Kak Adji menjelaskan trik awal memulai berkisah. Dimulai dari konkrit dan yang terdekat. Lalu berikan kesan yang menarik atau pembukaan yang memukau, dan jangan lupa beri pertanyaan ke ananda.

Menurut Kak Adji, tips sebelum berkisah adalah 3Ger yaitu: tentukan tema, tokoh dan sifatnya, setting, alur, dan pesan moral. Sampaikan kisah sesuai alur yang telah dibuat. Narasikan dengan rileks, perhatikan dan pertahankan suara karakter tokoh. Jika cerita panjang, selingi dengan pertanyaan konfirmasi. Jangan lupa! Tutup kisah dengan tanya jawab konfirmasi, ikrar atau janji, membuat akronim point penting, bernyanyi dengan tema yang selaras, dan gambarkan salah satu adegan yang disukai.

Selain itu, tips berkisah dari Kak Adji adalah persiapan sebelum tampil. Pastikan cerita harus sesuai dengan tema, usia anak, dan durasi cerita. Jangan lupa! Menyiapkan alat peraga pendukung saat berkisah, misalnya boneka. Tentunya perlu ada latihan secukupnya terkait olah vokal, olah gerak, olah bahasa, dan olah media.

“Berkisah itu mudah dan bisa dilakukan oleh semua orang, karena setiap orang tua dinantikan kisahnya.” Kata penutupan dari Kak Joko, selaku MC di sesi workshop virtual kali ini.


#insankamilberbasisLiterasi

#sekolahberbasisLiterasi

#PPDPInsanKamil2020

LEAVE REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked *